Sabtu, 02 Maret 2013

Lanjutan POST Apa itu Wota ?

Wota
Lalu apa arti kata Wota?
Mereka adalah orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idol-idol mereka. Antusiasme dan obsesi yang mereka punya lebih tinggi dari fans. dan seorang Wota tidak akan ragu mengorbankan dirinya (imej, uang, waktu, dsb) untuk hobi tersebut, sampai taraf dimana orang normal akan melihat mereka sebagai freak/geek/nerd
Dibawah ini ada contoh-contoh aktifitas/karakteristik/barang yang akan ditemukan pada seorang wota. Ini hanya contoh yang saya berikan untuk menunjukan lebih jelas tentang antusiasme dan obsesi yang para wota punya, dan ini BUKAN sebagai acuan pasti untuk menentukan apakah seseorang itu wota:
1. Punya lagu-lagu Idol.
2. Punya poster Idol.
3. Melakukan teriakan-teriakan dan gerakan-gerakan khusus (chants & wotagei) ketika menonton performance. (Info lebih lanjut disini.)
4. Memakai kaos bergambar Idol.
5. Pergi ke event-event tertentu untuk mendukung Idol-nya.

Malah, kalau mau contoh yang lebih ekstrim lagi, ada wota yang buat kue ulang tahun untuk ultah Idolnya dan merayakannya sendiri. Dekorasi nuansa Idol di mobil ataupun kamar juga bisa digunakan sebagai contoh. Koleksi barang-barang yang berbau Idol juga bukan hal yang jarang.

pemakaian istilah wota tidak tepat digunakan di Indonesia, karena wota adalah panggilan untuk fans idol group di Jepang. Salah satu member JKT48 yaitu Ghaida Farisya, lewat akun twitternya @ghaidaJKT48 pernah membahas tentang hal ini. Berikut adalah screenshot dari beberapa pernyataan Ghaida. 

wota adalah panggilan untuk fans idol group di Jepang, bukan hanya untuk 48 family saja, karena di Jepang banyak idol group selain 48 family. Khusus untuk JKT48, istilah <i>wota tidak berlaku, karena walaupun JKT48 adalah� <i>sister group</i> AKB48 yang berasal dari Jepang, JKT48 tetap idol group yang berasal dari Indonesia dan memakai budaya Indonesia
Para member JKT48 juga tidak setuju jika istilah wota diartikan sebagai "tingkatan fans yang lebih tinggi". Hal itu hanya akan menyulut perselisihan antar fans, antara fans yang merasa lebih tahu dan fans yang masih baru. Fans JKT48 semuanya sama, dan JKT48 sama sekali tidak mengharapkan perselisihan antar fans JKT48, karena sesuai motto 48 family "tumbuh dan berkembang bersama fans", JKT48 tidak akan berkembang jika fansnya terpecah belah
Kesimpulannya, fans JKT48 cukup disebut fans JKT48 saja, entah dia sudah lama menggeluti dunia JKT48 ataupun masih baru. Tidak ada istilah lain, termasuk wota. Karena semua fans JKT48 tujuannya sama, mendukung JKT48 agar menjadi lebih baik. Dan itulah yang diharapkan JKT48, para fans bersatu untuk mendukung JKT48 sampai kapanpun.
Kita sebagai fans JKT48, harus terus mendukung grup idola pertama di Indonesia ini secara kompak. Jika ada fans yang masih merasa baru, jangan sungkan untuk bertanya kepada fans yang lebih tahu, dan sebaliknya, fans yang lebih tahu harus bersifat “welcome” kepada fans yang belum tahu banyak tentang JKT48.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar